Articles in Category: Berita

Uji Coba dan Bimbingan Teknis Penggunaan Aplikasi e-BERPADU

on Jumat, 04 November 2022. Posted in Berita

Tahuna,04/11/2022 - Setelah pelaksanaan Penandatanganan Kerja Sama e-BERPADU (Berkas Pidana Terpadu), selanjutnya dilaksanakan Sosialisasi Aplikasi e-BERPADU bertempat di Ruang Sidang Utama Prof. Dr. Muhammad Hatta Ali, S.H.,M.H.

Pembukaan kegiatan sosialisasi dibawakan oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tahuna, Bapak Sigit Triatmojo, S.H.,M.H. dan Pengenalan Fitur pada Aplikasi e-BERPADU oleh Pranata Komputer Ahli Pertama, Bapak Bima Marendra Aji Putra, S.T. bersama Tim Kepaniteraan Hukum Pidana didampingi Hakim Pengawas Bidang Kepaniteraan Pidana, Bapak Ardhi Radhisshalhan, S.H. Setelah Pemaparan materi dan simulasi selesai maka dibuka sesi tanya jawab, beberapa yang hadir memberikan pertanyaan bahkan ada yang memberikan saran atau masukan untuk Fitur yang belum tersedia pada Aplikasi e-BERPADU.

 Maksud dan Tujuan dari Penggunaan Aplikasi e-BERPADU, ialah :

1. Terwujudnya sistem administrasi penanganan perkara pidana berbasis teknologi informasi.
2. Memangkas birokrasi dan terciptanya efektivitas dalam Layanan Acara Perkara Pidana.
3. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi bagi Aparatur Penegak Hukum, Masyarakat Pencaro Keadilan dan Advokat.
4. Meminimalisir tatap muka dan meminimalisir adanya penyimpangan.
5. Memudahkan koordinasi antara Aparat Penegak Hukum, Kerja Sama antar Aparat Penegak Hukum dalam menjalankan kegiatan yang berkaitan dengan teknis operasional pelayanan publik dan/atau pendukung pelayanan publik.

Dokumentasi :

 

 

Sosialisasi dan Penandatanganan Kerja Sama Penggunaan Aplikasi e-Berpadu Mahkamah Agung

on Jumat, 04 November 2022. Posted in Berita

Tahuna, 4/11/2022Pengadilan Negeri Tahuna menyelenggarakan Penandatanganan Kerja Sama dan Sosialisasi Aplikasi baru yang diluncurkan Mahkamah Agung Republik Indonesia yaitu e-BERPADU (Elektronik Berkas Pidana Terpadu). Penandatanganan Kerja Sama ini ditujukan kepada Aparat Penegak Hukum yang bekerja sama dengan Pengadilan Negeri Tahuna di antaranya : Kepala Kejaksaan Negeri SITARO, Kepala Kejaksaan Negeri Sangihe, Kepala Kepolisian Resor Sangihe, Kepala Kepolisian Resor Sitaro dan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Tahuna.

Kata sambutan disampaikan oleh Yang Mulia Ketua Pengadilan Negeri Tahuna, Bapak Paul B. Pane, S.H.,M.H. lalu disambung penyampaian materi oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tahuna, Bapak Sigit Triatmojo, S.H.,M.H.

Elektronik Berkas Pidana Terpadu (e-BERPADU) merupakan integrasi berkas pidana antar penegak hukum secara elektronik. Penegak hukum yang dimaksud adalah Mahkamah Agung, Kepolisian, Kejaksaan dan Komisi Pemberantas Korupsi dan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Selanjutnya, dilaksanakan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pengadilan Negeri Tahuna dengan Kejaksaan Negeri SITARO, Kepala Kejaksaan Negeri Sangihe, Kepala Kepolisian Resor Sangihe, Kepala Kepolisian Resor SITARO dan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Tahuna.


Pada akhir acara disampaikan bahwa sebelum e-BERPADU secara resmi digunakan maka Pengadilan Negeri Tahuna akan melakukan koordinadi dan pendampingan terlebih dahulu guna kelancaran dalam penggunaan aplikasinya.